INFO PENTING : MALWARE RANSOMARE JENIS WANNACRY MENYERANG BEBERAPA DUNIA TERMASUK INDONESIA [UPDATE 15 MEI 2017]

Minggu 14/05/2017 kemarin dunia sempat dihebohkan dengan adanya berita virus berbahaya menyebar ke beberapa negara di dunia termasuk Indonesia. Beberapa berita di TV Indonesia pun telah menjelaskan bahaya dan dampak yang akan diterima oleh user yang mendapati virus tersebut. 

Bahaya malware ransomare jenis wannacry
Tampilan malware jenis wannacry

KEMENTRIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA memberikan siaran pers
tentang himbauan agar segera melakukan tindakan pencegahan terhadap ancaman malware khususnya ransomware jenis wannacry ini.
Untuk lebih jelasnya mengenai siaran pers oleh Kementrian Komunikasi Dan Informatika silahkan baca di :
https://www.kominfo.go.id/content/detail/9636/siaran-pers-no-55hmkominfo052017-tentang-himbauan-agar-segera-melakukan-tindakan-pencegahan-terhadap-ancaman-malware-khususnya-ransomware-jenis-wannacry/0/siaran_pers

Apabila sobat belum terkena dampak oleh malware tersebut baiknya sobat melakukan tindakan pencegahan seperti yang dianjurkan oleh bapak MENKOMINFO, berikut penjelasannya :
Cabut kabel LAN/Wifi dan lakukan back up data lalu update anti virus & update security pada windows sobat dengan cara menginstall Patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh microsoft, Lihat DISINI. Jangan mengaktifkan fungsi macrosNon aktifkan fungsi SMB v1Block 139/445 & 3389 PortsUlangi, selalu backup file file penting di komputer sobat dan di simpan backupnya ditempat lain.


Tindakan Setelah Infeksi :


Saat ini belum ada solusi yang paling cepat dan jitu untuk mengembalikan file file yang sudah terinfeksi wannacry. Akan tetapi memutuskan sambungan internet dari komputer yang terinfeksi akan menghentikan penyebaran wannacry ke komputer lain yang rentanvulnerable.


Tetapi bisa juga kita menginstall Smadav versi terbarunya karena di versi terbaru ini smadav mengeluarkan beberapa fitur tambahannya yaitu, cek gambar dibawah



fitur terbaru smadav

Untuk link downloadnya bisa kalian klik DISINI atau bisa juga langsung ke situs resmi Smadav

selain kalian menginstall smadav kalian juga harus install antivirus yang lain agar lebih dijamin keamanannya. Karena mungkin saja nanti smadav akan butuh back up/bantuan dari antivirus lain untuk memprotect komputer/laptop tersebut


BACA JUGA: CARA MENGHIDUPKAN DAN MEMATIKAN KOMPUTER SESUAI PROSEDUR


Sebagai tambahan yang sangat penting, ID-SIRTII menghimbau agar pada hari Senin besok dan kantor akan buka, mohon diwaspadai ancaman ini dan melakukan hal-hal sebagai berikut :


Agar PC-PC dan bentuk Komputer Personal dan Jaringan lainnya jangan terhubung ke LAN dan Internet dulu,Terlebih dahulu lakukan backup data penting,Pastikan software anti virus sudah update serta security patch yang disarankan oleh microsoft dilakukan terlebih dahulu.


Untuk konsultasi secara online bisa diakses ke :https://www.nomoreransom.org . Juga, apabila diperlukan informasi dan saran teknis, dapat diemail :incident@idsirtii.or.id . 


Berikut Contact Person keamanan ( apabila diperlukan )


Direktur Keamanan Informasi : Aidil Cenderamata 0817758377
Wakil Ketua ID-SIRTII : Salahuddin (Didin) 0816945022

Jakarta, 13 Mei 2017



  HUMAS, KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA


BERIKUT TAMPILAN MALWARE SETELAH TERINFEKSI MALWARE TERSEBUT

Contoh komputer yang telah terinfeksi Malware jenis wannacry


Sebaiknya sobat hati-hati saat akan melakukan contact cyber dengan siapapun, apabila memang terdesak ingin melakukannya saya himbau untuk melakukan pencegahannya terlebih dahulu karena apa ?
karena mencegah lebih baik daripada mengobati 


http://www.tutorialumum.com/

Subscribe to receive free email updates: